Cara unroot semua HP kembali ke default bawaan setingan awal Android

Hello Sobat pembaca kali ini Saya akan berbagi ilmu sekaligus pengalaman tentang bagaimana yah cara untuk unroot Android serta mengembalikan pengaturan Android ke pengaturan pabrik semula ?. Sebelum jauh menjelaskan cara unroot, Saya akan berbasa-basi terlebih dahulu tentang apa itu unroot. Unroot merupakan kebalikan dari rooting, jika rooting adalah suatu proses di mana membolehkan pengguna perangkat, baik itu berupa smartphone atau tablet yang bersistem operasi Android untuk memperoleh hak khusus adminstratif sistem atau dikenal istilah dengan pengguna root[wiki]. Maka, unroot adalah proses penghapusan / pencabutan hak akses (previlileged)  root dari pengguna perangkat yang bersistem operasi Android.

 Sebelum memulai unroot , ada beberapa hal yang harus perlu diperhatikan:

Proses unroot menyebabkan hak akses administratif menjadi lebih terbatas, Anda tidak dapat lagi atau bisa juga akan mengalami keterbatasan yang lebih untuk melakukan administrasi sistem, seperti menghapus, menyalin, bahkan melakukan membackup keseluruhan sistem.

Tidak dijamin jika Android Anda sudah di-unroot dan dikembalikan ke pengaturan pabrik akan kembali garansinya. Karena mungkin saja pada saat ponsel di-root, pengguna secara tidak sengaja menghapus atau mengubah konfigurasi dari sistem tanpa membackupnya terlebih dahulu, sehingga menyebabkan bukti garansi (berupa file konfirgurasi atau aplikasi) hilang.

Proses yang kami pernah coba pada Android Nexian NX-A891 dan sukses, untuk smartphone lain, Saya rasa prosesnya mirip dan mungkin aman dilakukan pada smartphone lain.


Ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk melakukan unroot, yang Saya lakukan di sini :

Dengan menggunakan Super One Click (mudah, cepat, sederhana, cocok jika Anda mempunyai kabel USB dan bisa melakukan perintah terminal melalui Windows). 

Dengan metode penghapusan manual(tergolong ribet . Tapi cocok jika Anda tidak bisa melakukan perintah terminal / tidak mempunyai driver untuk windows-nya

Selain itu metode ini juga bisa menghapus busybox yang terikut install pada saat proses rooting menggunakan Super One Click.

Untuk metode pertama "menggunakan Super One Click", berikut yang perlu dipersiapkan:
  • Kabel USB.
  • Driver smartphone Anda yang sudah terpasang diinstall.
  • Program Super One Click, bisa kalian download di: Super One Click Official Page
  • Image (ROM) Android ketika belum dilakukan manipulasi file / aplikasi (Backup Image sistem ketika masih fresh / belum diubah apa-apanya terkecuali di-root)
Cara unroot semua HP kembali ke default bawaan setingan awal Android

Cara unroot Android yang pernah Saya lakukan. Untuk mengembalikan pengaturan ponsel Anda ke pengaturan pabrik, caranya cukup mudah, tinggal pergi ke pengaturan -> privasi -> Reset data pabrik. Kegunaan dari proses ini adalah untuk memperbaiki error seperti ponsel tidak bisa menerima panggilan masuk (selalu sibuk jika ditelpon / di luar jangkauan) dan mengembalikan segala konfigurasi sistem ke konfigurasi awal. Yang perlu dicatat adalah proses ini akan menghapus semua aplikasi yang akan terinstall (dan bisa juga) data sms,  nomor telepon, akun google, file di kartu SD, seperti musik atau foto.  Jadi,  lakukan dengan cermat dan baca petunjuk reset data pabrik secara hati-hati sesuai yang pada peringatan yang tertera.

Sekian  dari Saya, semoga bermanfaat, Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

0 Response to "Cara unroot semua HP kembali ke default bawaan setingan awal Android"

Post a Comment

Timmer