Cara mudah Repair Failed to fetch dl.google.com setelah Chrome Linux 32bit di drop oleh Google

Setelah Google memutuskan untuk tidak lagi mensupport Chrome 32bit untuk Linux, maka jika anda menggunakan Ubuntu 64 bit, maka setiap kali anda melakukan update package, akan mengalami error/warning berupa :

Failed to fetch http://dl.google.com/linux/chrome/deb/dists/stable/Release Unable to find expected entry 'main/binary-i386/Packages' in Release file (Wrong sources.list entry or malformed file) 
 Nah, berikut ini adalah salah satu cara mudah untuk menghilangkan error/warning tersebut untuk yang menggunakan Ubuntu 64bit atau turunannya. Intinya adalah, kita harus memodifikasi file sourcelist repositori Google Chrome dengan menambahkan astitektur 64 bit

file /etc/apt/sources.list.d/google-chrome.list

Buka file /etc/apt/sources.list.d/google-chrome.list menggunakan editor kesayangan anda. Misalkan saya menggunakan gedit.

sudo gedit  /etc/apt/sources.list.d/google-chrome.list

Lalu tambahkan  [arch=amd64] di tengah deb dan http.


Cara mudah Repair Failed to fetch dl.google.com setelah Chrome Linux 32bit di drop oleh Google

Kemudian simpan. Selanjutnya edit file /opt/google/chrome/cron/google-chrome.
Ubah file /opt/google/chrome/cron/google-chrome

Seperti sebelumnya, buka file /opt/google/chrome/cron/google-chrome dengan, kemudian tambahkan [arch=amd64] pada baris REPOCONFIG dan SSLREPOCONFIG seperti pada gambar di bawah ini.


Setelah smua file di atas di edit, silahkan lakukan apt-get update lagi. Maka jika semuanya lancar, maka error/warning di atas tidak akan muncul lagi.

Artikel ini sumber dari : Webupd8

0 Response to "Cara mudah Repair Failed to fetch dl.google.com setelah Chrome Linux 32bit di drop oleh Google"

Post a Comment